7 Bahan dan Alat untuk Membuat Tas Rajut

Pembuatan tas rajut memang terkenal cukup rumit serta membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang lebih. Meski begitu alat-alat yang dibutuhkan tidaklah banyak serta bisa ditemukan di toko-toko benang atau kain terdekat. Berikut merupakan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat tas rajut.

1. Pola Tas Rajut

Pola Tas Rajut

Gambar Pola Pembuatan Tas Rajut ( Sumber : polarajutanku.blogspot.com )

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membuat tas rajut adalah pola dasar dari tas rajut agar selama proses pengrajutan tidak akan ada kesalahan yang terjadi. Pola tas rajut sendiri sangatlah banyak dan bisa ditemukan di banyak web-web mengenai rajutan. Hal tersebut dikarenakan setiap model tas rajut pasti memiliki pola yang berbeda-beda.

2. Jarum rajut/Hakpen/Hook

Jarum untuk Membuat Tas Rajut

Macam-mcam Jarum Tas Rajut (Gambar : mayacrafts.asia)

Hakpen/Hook/Jarum rajut merupakan alat yang paling dibutuhkan dalam merajut. Meski bentuk dari setiap hakpen mirip, akan tetapi masing-masing mempunyai ukuran yang berbeda. Pilihlah hakpen yang memiliki ukuran sesuai dengan benang yang akan digunakan untuk merajut. Jika jarum terlalu besar maka hasil rajutannya akan terlalu longgar dan sebaliknya jika ukuran hakpen terlalu kecil maka rajutannya akan rapat dan kaku.

3. Benang Tas Rajut

Benang untuk Membuat Tas Rajut

Benang Adalah Bahan Penting untuk Membuat Tas Rajut (Gambar : kesekolah.com)

Benang rajut merupakan hal yang paling pokok dalam merajut. Benang sendiri juga terdiri dari beberapa jenis berdasarkan struktur dan bentuk benang. Akan tetapi, dalam produksi tas rajut kami hanya menggunakan dua jenis benang yaitu benang Nylon dan benang Katun. Perbedaan benang Nylon dan benang Katun juga kami jelaskan di artikel lainnya. (Baca : 2 Benang Utama Pembuatan Tas Rajut)

4. Mesin Jahit

Mesin Jahit

Gambar Mesin Jahit (Sumber : Merpatitempur.com)

Mesin jahit juga merupakan alat rajut yang tidak kalah penting, apalagi saat digunakan untuk proses finishing. Mesin jahit biasanya digunakan untuk menjahit resleting serta bagian-bagian tas lain yang membutuhkan finishing menggunakan mesin jahit. Dalam proses finishing pemasangan resleting atau yang lainnya hanya memerlukan benang jahit yang biasa digunakan untuk menjahit baju dan pakaian biasa.

5. Resleting

Resleting untuk Tas Rajut

Resleting adalah Bahan Penting untuk Membuat Tas Rajut (Gambar : Tokopedia)

Resleting merupakan salah satu bahan finishing dalam pembuatan tas rajut. Meski terlihat biasa saja, akan tetapi tanpa resleting tas rajut Anda akan terlihat biasa saja. Selain itu resleting berfungsi sebagai alat pengaman bagi tas Anda agar barang-barang yang didalam tas tetap aman ditempatnya.

6. Furing

Furing untuk Tas Rajut

Furing Berfungsi Sebagai Pelapis Dalam Tas Rajut (Gambar : Kimibag.blogspot.com)

Yang juga tidak kalah penting dalam alat dan bahan tas rajut adalah furing. Kain tipis ini berfungsi sebagai lapisan dalam tas rajut. Furing merupakan komponen yang cukup penting dalam tas rajut dikarenakan tas rajut memiliki tekstur yang rentan, maka dari itu dibutuhkan pelapis dibagian dalam agar tas rajut yang Anda pakai lebih aman dan nyaman.

7. Gunting

Ini dia alat yang juga akan sangat membantu Anda dalam membuat tas rajut. Gunting untuk rajut biasanya harus dikhususkan dan tidak boleh digunakan untuk memotong hal-hal lain agar tidak mengurangi ketajaman gunting dalam memotong benang dan baha-bahan rajutan lainnya.

Nah itu tadi adalah alat dan bahan-bahan untuk membuat tas rajut, semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi Anda. Jika ingin memesan tas rajut silahkan hubungi 081314152326

Advertisement

Leave a Reply